Jumat, 05 Juli 2013

Manajer Fungsional (Functional Manager) dan Manajer Umum (General Manager / GM)

Kadang saya pernah mendengar seseorang yang memiliki jabatan di perusahaannya sebagai General Manager atau lainnya seperti Functional Manager. Lalu di pikiran saya timbul untuk mencari tahu tentang kedua manajer tersebut. Biarpun sama-sama manajer juga,namun memiliki tugas yang cukup berbeda. Nah di post ini saya akan menjabarkan hasil yang saya cari dari google tentang kedua jabatan Manajer ini.


A. Manajer Fungsional / Functional Manager
Manajer fungsional adalah manajer yang memiliki tanggung jawab pada satu bagian fungsional perusahaan atau organisasi saja dan tidak ikut campur pekerjaan fungsional pada bagian lain. Contohnya adalah seperti manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer akuntansi, manajer operasional, manajer hrd, dan banyak lagi contoh lainnya.
B. Manajer Umum / General Manager
Manajer umum adalah manajer yang memiliki tanggung jawab seluruh bagian / fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi. Manajer umum memimpin beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manajer fungsional. Pada perusahaan yang berskala kecil mungkin cukup diperlukan satu orang manajer umum, sedangkan pada perusahaan atau organisasi yang berkaliber besar biasanya memiliki beberapa orang manajer umum yang bertanggung-jawab pada area tugas yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar