Kamis, 08 November 2012

Budaya Berbisnis Online dan Etikanya

Berdagang atau istilah sekarang ini yang disebut berjualan sudah sangat "santer" di zaman sekarang ini. Perkembangan dalam berdagang di Indonesia sudah berkembang cukup pesat,dengan dibuktikannya bahwa daya beli para orang Indonesia cukup tinggi terhadap suatu barang. Terutama dalam berbagai hal,mulai dari elektronik,perhiasan,baju-baju,hingga kendaraan bermotor. Bahkan karena semakin mudahnya para pembeli bertemu dengan penjual sehingga transaksi hampir selalu terjadi tiap jam di Indonesia.


Di zaman yang sekarang serba komputer,bahkan para pembeli tidak harus selalu bertemu langsung tatap muka dengan para penjual. Perkembangan internet turut membantu mempermudah dalam mempertemukan pembeli dan penjual. Istilah ini lebih mudahnya disebut Online Shop.


Dalam tulisan ini,akan lebih dibahas mengenai Budaya Berbisnis Online dan etika-etikanya. Yang dimaksud disini adalah aturan-aturan yang baik dalam berbisnis online yang sebenarnya pada dasarnya tidak begitu berbeda dibanding berbisnis di dunia nyata.


Bussinessman dalam menjalankan usahanya yang hanya mementingkan profit dari suatu penjualan tanpa menggunakan etika hanya akan menimbulkan konflik dengan para pelanggan/konsumen,para-para pesaing bisnis kita,bahkan berurusan dengan pemerintah yang selaku pemangku hukum. Sikap yang kurang baik ini patutnya harus dijauhi oleh para usahawan bisnis online tersebut. Tentu hal-hal tersebut dapat merusak citra dari para konsumen/pelanggan bukan?


Mempelajari etika berbisnis online sangat penting bagi anda yang ingin memulai suatu bisnis. Di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa poin penting etika berbisnis online bagi anda yang pertama kali mau menjalankan bisnis online :

1. Jujur
Kejujuran merupakan point terpenting bagi para konsumen. Dalam poin ini,penjelasan secara jujur mengenai suatu produk yang kita jual akan sangat penting bagi para konsumen karena bisnis online ini kita tidak secara langsung bertemu dan bertatap muka dengan pembeli. Apa adanya merupakan yang terpenting dalam poin kejujuran,karena dalam berbisnis konsumen lebih menyukai penjual yang dengan apa adanya jujur menjual suatu produk dengan penjelasannya. Jika kita selalu jujur terbuka terhadap para pembeli,kemungkinan besar mereka akan kembali melihat website/link dagangan kita.

2. Ramah
Karena internet tidak memungkinkan adanya interaksi langsung antara si pembeli dan penjual,maka sangatlah sulit bagi pembeli untuk menilai ekspresi keramahan si penjual. Mereka hanya bisa melihat keramahan si penjual dengan melihat isi kalimat dari percakapan online dengan si penjual,atau dari website. Jika penggunaan bahasa kita yang kurang sopan,dan dingin terhadap para pembeli tentu akan membuat para pembeli jengkel dan enggan membeli produk kita. Untuk itu,penggunaan bahasa yang sopan namun ramah ini sangat dibutuhkan bagi para pebisnis online.

3. Responsif
Salah satu etika bisnis apa saja, tak hanya bisnis online adalah cepat tanggap menghadapi respon dari pelanggan. Pebisnis yang baik adalah selalu mau menyediakan waktu untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk dengan pelanggan. Respon yang baik dan cepat dari kita untuk pelanggan tentu membuat mereka lebih memilih untuk membeli produk kita. Bayangkan jika ada pembeli yang sedang buru-buru membeli suatu barang dan karena respon kita lambat dalam melayani si pembeli,tentu ia akan lari ke toko sebelah.

4. Berjanji untuk ditepati

Jika kita sudah berjanji untuk mengirim barang produk kita kepada para pembeli,haruslah ditepati dalam hal waktu pengiriman tersebut. Jika kita berjanji mengirim barang hari ini,namun ternyata kita kirim barang tersebut keesokan harinya,tentu akan membuat pembeli menjadi kesal dan enggan untuk membeli barang dari kita lagi. Janji adalah salah satu poin terpenting juga dalam bisnis online shop.

5. Keperdulian kepada pelanggan

Setelah menjual suatu barang, terkadang datang keluhan dari pelanggan. Pebisnis yang memegang etika bisnis yang baik akan peduli pada keluhan tersebut. Seandainya terjadi kesalahan di luar tanggung jawab Anda, Anda bisa mengurangi kekesalan pelanggan itu dengan meminta maaf, memberikan hadiah, potongan harga, dan lain-lain. Kepedulian ini bisa juga diwujudkan dalam ucapan terima kasih personal.

Etika-etika tersebut adalah salah satu hal yang patut perlu anda ketahui untuk menjadi pebisnis yang baik dan beretika. Demikian beberapa ulasan saya mengenai etika berbisnis online. Dan saya berharap bagi anda yang ingin mencoba berbisnis online,untuk selalu menerapkan etika berbisnis online yang baik.




Sumber : Etika Bisnis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar