Selasa, 20 November 2012

Pentingnya Meningkatkan Minat Membaca

Membaca merupakan salah satu cara untuk mendapatkan informasi selain dengan mendengarkan dan melihat. Informasi yang didapatkan adalah dalam bentuk tulisan,artikel,dan sebagainya. Membaca sangat penting untuk ditekankan dari sejak umur dini,karena membaca merupakan aktivitas yang mudah untuk dilakukan. Contohnya kita dapat membaca bacaan dari koran,majalah tabloid,buku,dan lain-lainnya.

Orang yang menerapkan budaya membaca hidupnya akan dipenuhi berita yang terkini dan wawasan menjadi semakin lebih luas. Minimnya budaya membaca di kalangan masyarakat kita sangat patut diperhatikan. Masalah tersebut tidak bisa kita anggap enteng,karena minat membaca membawa suatu kemajuan. Artinya tingkat tinggi minat membaca membawa pengaruh baik kepada kemajuan para remaja Indonesia. Dalam proses belajar mengajar pun,mustahil berhasil tanpa adanya "membaca".

Suatu asumsi menyatakan bahwa budaya membaca lebih penting dari pada sekolah dalam tujuan untuk mencapai kesuksesan. Namun disini bukan berarti saya mengatakan bahwa sekolah tidak lebih penting dibandingkan budaya membaca. Kenyataannya suka membaca tanpa bersekolah masih berpeluang dalam mencapai kesuksesan,karena menambah wawasan kita menjadi lebih luas dan juga membuat pola pikir kita luas dan tajam. Sedangkan yang bersekolah namun tidak suka membaca,peluang untuk mencapai kesuksesan lebih kecil,banyak yang sudah lulus perguruan tinggi menjadi pengangguran karena minat membacanya kurang.

Maka dari itu membaca sangat penting apalagi ditanamkan sejak umur dini. Dari umur kita muda hingga kita tua pun haruslah terus menerapkan budaya membaca. Budaya membaca sangat bermanfaat untuk memperdalam ilmu pengetahuan baik itu dari sekolah maupun dari luar sekolah. Dengan kita budayakan membaca sejak umur dini,wawasan kita akan dunia luar akan lebih luas dan memberikan dampak positif bagi kemajuan diri kita sendiri juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar