Jumat, 29 November 2013

Mencari tau pengertian Credit Union

Mendapat tugas dari dosen saya untuk mencari tau tentang Credit Union,membuat saya penasaran itu tentang apa. Sejujurnya,belum pernah saya dengar suatu hal tentang wikipedia.

Saya mendapat source dari wikipedia,dan ternyata Credit Union adalah istilah lain dari Koperasi Kredit. Pengertiannya yaitu atau biasa disingkat CU adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggotanya, dan yang bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya sendiri.
Adapun 3 prinsip yang diterapkan pada Credit Union ini diantaranya :
  1. asas swadaya (tabungan hanya diperoleh dari anggotanya)
  2. asas setia kawan (pinjaman hanya diberikan kepada anggota), dan
  3. asas pendidikan dan penyadaran (membangun watak adalah yang utama; hanya yang berwatak baik yang dapat diberi pinjaman).
Saat kita menabung di CU, maka tabungan itu akan menjadi jaminan untuk meminjam dalam jumlah yang masih wajar. CU sendiri sebenarnya kumpulan orang saling percaya. CU mempunyai jaringan international, yaitu World Credit Union Organization (WCUO).

Menurut Sarvianus Mimi, Credit Union ialah “kumpulan orang” (disebut anggota) yang bersepakat membentuk sebuah perusahaan atau lembaga keuangan sebagai sumber modal bersama. Dengan modal dari kekurangannya, orang-orang tersebut menginvestasikan, meminjamkan dan mengembangkan uang diantara sesama mereka, dengan bunga yang layak untuk kepentingan produktif demi mencapai kesejahteran dan kebebasan finansial (keuangan) secara bersama-sama. Credit Union berasal dari bahasa latin “Credere” yang berarti saling percaya, dan “Unus” yang berarti komunitas/kumpulan, jadi Credit Union adalah Sekumpulan orang yang saling percaya. 

Jadi menurut beberapa informasi dan sumber yang saya dapatkan,dapat disimpulkan bahwa Credit Union ini tak beda dengan koperasi biasanya,yaitu asasnya tetap menyejahterakan anggotanya. 

Konsep CU adalah masyarakat yang menjadi anggota membayar iuran wajib, simpanan pokok, dan menabung. Tabungan itu akan menjadi jaminan untuk meminjam dalam jumlah yang masih wajar. Yang boleh meminjam hanya anggota, tidak boleh orang luar.


Modal awal CU
Modal awalnya dari anggota sendiri. Ketika menjadi anggota CU, anggota tersebut membayar iuran wajib, simpanan pokok, dan sebagainya. Dari sana uang itu mulai dikelola. Yang boleh meminjam hanya anggota, tidak boleh orang luar. Kalau mau meminjam, dia harus menjadi anggota dulu.

Namun,tak pelak terdapat juga kendala-kendala pada CU ini,yaitu diantaranya :
  • Banyak orang menyamakan CU dengan koperasi biasa. Terutama orang yang sebelumnya belum mengerti betul tentang koperasi.
  • Kredit Macet.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar