Selasa, 05 November 2013

Menggunakan produk dalam negeri,kenapa tidak?

Mengutip dari perkataan Kepala Disperindag Kabupaten Lebak,Wawan Kuswandi yang mengatakan bahwa kita sebagai bangsa yang kaya raya tentunya harus mencintai produk dalam negeri. Menurut dia, sebetulnya kualitas produk dalam negeri tidak kalah dibandingkan dengan produk luar negeri. Ia mengatakan mencintai produk dalam negeri dapat mengantisipasi ketergantungan kepada produk impor sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Paling tidak ada 5 alasan mengapa kita menggunakan produk dalam negeri:
1. Harga lebih terjangkau dengan kualitas yang baik.
2. Meningkatkan devisa negara
3. Mengurangi pengangguran
4. Meningkatkan rasa cinta dan bangga dengan produk/budaya Indonesia

Sebenarnya produk dalam negeri kita,dapat bersaing juga dengan produk dari luar negeri. Contohnya yaitu produk sepeda POLYGON yang sudah terkenal di dalam maupun luar negeri sebagai produk yang berkualitas. Contoh lainnya seperti sepatu BATA,secara kualitas dapat bersaing dengan produk dari luar negeri lainnya.

Mayoritas yang dipermasalahkan kebanyakan orang adalah gengsi dalam menggunakan sebuah produk. ‘Mindset’ yang sudah tertanam dalam pikiran orang,bahwa produk dalam negeri kualitasnya buruk dan karena harganya murah jadi tidak ada yang bisa dibangga-banggakan. Padahal tak sepenuhnya benar seperti itu. Beberapa produk yang harganya dibawah rata-rata memang kualitasnya tergolong biasa saja,bahkan kurang baik. Namun untuk yang kualitas cukup baik,bahkan bagus,harga bisa dibilang hampir menyamai harga-harga produk luar negeri. Inilah yang menjadi dilema masyarakat kita untuk memilih menggunakan produk dalam negeri. Dengan pikiran jika harga suatu produk dalam negeri dan produk luar negeri adalah sama,lebih baik memilih produk luar negeri karena lebih terpercaya soal kualitas dan gengsi karena menggunakan produk yang ‘branded’ terkenal. Padahal produk dalam negeri kita punya kualitas ‘Grade A’ yang istilahnya kualitas setara dengan produk luar negeri.

Jadi,sebenarnya tak ada salahnya jika kita mulai mencoba menggunakan produk dalam negeri. Selain kita juga dapat membantu produksi dalam negeri,dapat meningkatkan rasa nasionalisme kepada bangsa ini. Apa lagi bangsa yang dapat kita banggakan selain bangsa sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar