Senin, 05 Januari 2015

Manfaat memelihara anjing


Tak hanya sekedar hobi, ternyata memelihara anjing juga dapat memberikan banyak manfaat bagi pemeliharanya. Menurut sejumlah hasil penelitian, memelihara anjing dapat memberikan dampak positif terhadap psikologi dan kesehatan para pemilik anjing peliharaan dan ini diantaranya:

Dampak psikologi

  1. Anjing bisa menjadi sahabat dan teman bermain, sehingga memeliharanya dapat menghilangkan kesepian.
  2. Kedekatan fisik antara anjing dan pemiliknya dapat menciptakan kenyamanan, melalui kontak fisik seperti mengelus, mencium dan memeluk anjing.
  3. Anjing dapat membantu pemiliknya menjadi lebih rileks. Denyut jantung dan tekanan darah yang sedang tinggi bisa turun dengan melihat atau kontak fisik anjing peliharaan. Sehingga bisa menjadi obat stres.
  4. Anjing juga bisa menjadi anjing penjaga yang bisa memberikan rasa aman. Seperti, anjing jenis Dobermen, Jerman Sheperd atau Rottweiler. Mereka dapat mengenali dan bereaksi cepat terhadap orang yang tidak dikenal.
  5. Selain perlindungan fisik, anjing juda dapat memberikan rasa keamanan secara emosional, seperti untuk menghadapi rasa takut dalam kegelapan atau sendiri di rumah.
  6. Memelihara anjing juga bisa menjadi sarana interaksi sosial. Seperti, ikut dalam kelompok pecinta anjing tertentu atau sekedar membawa anjing jalan-jalan di sekitar rumah sehingga tetangga yang tadinya tidak kenal akan mengajak ngobrol mengenai anjing Anda.
  7. Memiliki anjing yang sehat dan lucu atau menang kontes akan memberikan kebanggaan dan prestise tersendiri. Apalagi jika anjing adalag kerunan langka. Hal ini akan membangkitkan rasa harga diri bagi pemiliknya.
  8. Sebagai hobi, memelihara anjing dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan di waktu luang. Anjing yang suka bermain dapat memancing Anda untuk ikut bermain bersamanya, sehingga Anda pun akan dibuat menjadi lebih santai, semangat dan lebih aktif. Member makan, meraikan bulu dan membawa anjing jalan-jalan juga dapat memberikan kesenangan tersendiri.
  9. Anjing juga memberi manfaat khusus bagi manula. Anjing dapat menjadi teman yang baik dan setia menemani para manula. Dengan memberi makan anjing akan merangsang mereka untuk ikut makan bersama dengan anjing.
  10. Bila Anda kehilangan orang-orang yang dicintai atau sedang merasa sangat sedih dan tertekan, kehadiran anjing dapat memberikan dukungan emosional yang sangat diperlukan.

Dampak Kesehatan

  1. Berusia lebih panjang.
  2. Kontrol tekanan darah menjadi lebih rendah.
  3. Bila Anda memiliki penyakit jantung, cenderung lebih kecil mendapat serangan jantung.
  4. Memiliki motivasi yang lebih baik dan lebih memiliki tujuan tertentu.
  5. Menjadi lebih mementingkan kepentingan orang lain dari pada kepentingan sendiri.
  6. Mengurangi stres dan lebih cepat pulih dari ketegangan.
  7. Lebih kuat secara emosional dan lebih kecil menderita depresi.
  8. Membuat seseorang lebih sabar dan tidak terlalu agresif.
  9. Lebih toleran terhadap kesalahan orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar